Loading...

Penyakit Anjing Batuk Kennel dan Cara Mengobatinya

Seekor anjing ternyata juga bisa mengalami gangguan saluran pernafasan yang termasuk salah satunya batuk atau yang biasa disebut dengan istilan Batuk Kennel atau Kennel Cough. Biasanya batuk seperti ini disertai dengan tersedak dan terjadi berulang kali. Batuk seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya seperti infeksi bakteri, alergi, manifestasi dari kelainan organ jantung, virus, dan mungkin penyebab lainnya.

Selain mengganggu, penyakit batuk kennel ini ternyata juga bisa menular ke anjing-anjing lainnya lewat udara. Bila Anda memiliki beberapa ekor anjing, lalu ada satu ekor yang menderita batuk kennel, segera lakukan karantina terhadap anjing yang sakit tersebut agar tidak menularkan penyakitnya ke anjing lain.

Batuk Kennel atau Kennel Cough

Gejala Kennel Cough pada Anjing

Berikut ini beberapa gejala yang bisa dilihat untuk mengetahui apakah anjing menderita batuk kennel atau tidak:

- Batuk disertai suara tersedak
- Hidung keluar cairan
- Mata sering berair
- Bersin-bersin
- Tidak bergairah atau Lethargy
- Nafsu makan berkurang
- Demam

Cara Mengobati Batuk Kennel

Walau mungkin penyakit kennel cough ini umumnya bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi, kalau Anda tidak tega saat melihat anjing tersiksa dengan batuk ini, bawalah ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut.

Baca juga: (Penyakit Anjing Cacing Jantung dan Cara Mengobatinya)

Anda perlu mewaspadai kalau penyakit batuk kennel ini bisa membawa penyakit lainnya yang mungkin bisa berbahaya bagi anjing apalagi mengingat penyakit ini disebabkan oleh virus.

Dengan membawa anjing ke dokter hewan, nantinya Anda akan mendapatkan obat untuk bisa meredakan penyakit batuk kennel serta mungkin akan bisa mencegah anjing terserang penyakit lainnya.
Penyakit 2374947981301915033

Post a Comment

  1. anjing saya terkena kennel cough tindakan yang harus saya lakukan apa ya?
    apakah kennel cough berbahaya pada anjing?

    ReplyDelete

emo-but-icon

Home item

Popular Posts

Kategori

Random Posts