Loading...

Penyakit Anjing Leptospirosis dan Cara Mengobatinya

Lestospirosis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri bernama Leptospira Interrogans yang bisa ditularkan lewat urine atau darah binatang yang terinfeksi oleh bakteri ini. Bakteri ini bisa bertahan hidup di dalam ginjal anjing yang terinfeksi.

Perlu untuk diketahui bahwa penyakit Leptospirosis ini bisa menyerang manusia lewat paparan air atau tanah yang sudah terkontaminasi oleh urine anjing penderita leptospiroris. Biasanya penyakit ini diderita oleh anjing yang berdomisili di daerah rawan banjir.

Penyakit Leptospirosis Anjing

Gejala Leptospirosis pada Anjing

Berikut ini adalah gejala penyakit leptospirosis yang bisa dilihat:
- Mual dan muntah
- Demam
- Lemah dan tidak bergairah
- Diare
- Dehidrasi

Perlu diingat bahwa biasanya penyakit ini terlihat tidak secara langsung, umumnya anjing yang menderita penyakit leptospirosis akan memperlihatkan gejala setelah 2 minggu terjangkit.

Baca juga: (Penyakit Anjing Rabies dan Cara Mengobatinya)

Penyakit Leptospirosis

Pada waktu anjing terserang penyakit ini, perlu untuk dipahami bahwa leptospirosis bukan penyakit sederhana. Bakteri bisa menyerang organ lainnya yang membuat komplikasi hingga kondisi anjing bisa bertambah parah. Berikut diantaranya:

- Gangguan paru-paru hingga batuk darah
- Gagal ginjal
- Menimbulkan gejala meningitis pada otak
- Gagal jantung juga bisa terjadi

Anjing Sakit

Mengobati Penyakit Leptospirosis

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri bisa dengan sesegera mungkin diobati lewat antibiotik agar bisa membasmi virus yang ada di dalam tubuh anjing. Selain itu, biasanya anjing juga akan mendapatkan obat pereda nyeri supaya tidak merasakan sakit pada otot.

Bila memang diperlukan, anjing yang terserang penyakit leptospirosis bisa dilakukan perawatan inap dengan menggunakan cairan infus untuk mengembalikan cairan yang telah habis karena diare dan dehidrasi.

Untuk Anda sebagai pemilik anjing, berhati-hatilah saat anjing yang Anda miliki terserang penyakit leptospirosis. Jangan mengambil risiko karena penyakit ini bisa saja menular pada Anda.
Penyakit 2113638249055128270

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Popular Posts

Kategori

Random Posts