Loading...

Penyakit Anjing pada Ginjal dan Cara Mengobatinya

Penyakit ginjal ternyata tidak cuma diderita oleh manusia, seekor anjing juga bisa mengalami penyakit ginjal. Biasanya, penyakit ginjal ini akan menyerang anjing yang sudah berusia lanjut. Penyakit yang juga biasa disebut dengan Chronic Kidney Disease atau CKD ini diderita oleh 1 dari 10 anjing.

Penyakit ginjal pada anjing terjadi bila fungsi dari organ tersebut mulai terganggu atau performanya sudah mulai menurun.

Ada beberapa penyebab dari anjing mengalami penyakit ginjal, diantaranya seperti usia anjing yang sudah tua, infeksi disebabkan oleh bakteri, virus dan jamur, parasit, munculnya sel kanker, amyloidosis, inflamasi, hingga penyakit autoimun.

Penyakit Anjing pada Ginjal dan Cara Mengobatinya

Gejala Penyakit Ginjal pada Anjing

Ada beberapa gejala yang bisa dilihat saat anjing mulai mengalami penyakit ginjal, diantaranya sebagai berikut:
- Mudah haus
- Jumlah urine yang lebih banyak
- Kencing darah
- Nafsu makan berkurang
- Sering pingsan
- Diare
- Lumpuh
- Kulit dan rambut kusam

Untuk mendiagnosa lebih lanjut, biasanya dokter hewan akan melakukan sebuah proses anamnesa soal riwayat dari kesehatan anjing. Selanjutnya, dokter akan melakukan sebuah inspeksi, palpasi lalu auskultasi untuk bisa menemukan beberapa identifikasi.

Ginjal Anjing

Cara Mengobati Penyakit Ginjal pada Anjing

Tidak ada cara lain selain melakukan perawatan ke dokter hewan atau fasilitas kesehatan hewan terdekat. Obat secara rutin akan diberikan untuk bisa mempertahankan kesehatan anjing. Nantinya, obat tersebut akan meningkatkan produksi urine dan mencegah kerusakan yang semakin parah terjadi pada ginjal.

Dokter hewan biasanya juga akan memberikan makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh anjing yang sudah menderita penyakit ginjal.

Mohon maaf untuk semuanya, karena jika anjing sudah terserang penyakit ginjal, biasanya tidak akan ada obat yang bisa menyembuhkan. Perawatan yang diberikan hanya sekedar untuk memperlambat kerusakan itu melebar luas.
Penyakit 8660204191299940764

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Popular Posts

Kategori

Random Posts