Loading...

Penyakit Anjing Canine Distemper dan Cara Mengobatinya

Penyakit anjing yang bernama Canine Distemper merupakan salah satu penyakit yang diderita anjing dengan gejala mata berair, demam, batuk, muntah hingga lumpuh. Biasanya penyakit ini menyerang langsung ke saluran pencernaan, pernafasan dan sistem saraf pusat.

Virus distemper sendiri bisa menyerang hewan dengan semua usia, tetapi paling sering diderita oleh anjing-anjing muda. Umumnya, penyakit canine distemper sering menyerang hewan dengan jenis Canidae, Mustelide, Mephitidae, Procyonidae dan juga Felidae.

Penyakit Anjing Canine Distemper

Virus yang menyebabkan penyakit ini biasa dikenal dengan nama Canine Distemper Virus atau CDV sehingga penyakit ini dinamakan Canine Distemper. Virus ini bisa ditularkan lewat udara atau aerosol yang dimana droplets itu berasal dari nafas atau sekresi nasal dari hewan yang menderita penyakit distemper.

Penyakit canine distemper termasuk ke dalam jenis penyakit yang sangat mematikan karena langsung meyerang saluran pernapasan, pencernaan hingga sistem saraf pusat. Uniknya, penyakit ini tak akan menyerang anjing yang berusia di bawah 1 tahun.

Mencegah Anjing Terserang Canine Distemper
Hanya ada satu langkah pencegahan supaya anjing tidak terserang virus yang cukup mematikan ini yaitu dengan melakukan vaksinasi Distemper sebelum berusia 3 bulan. Dengan begini, anjing akan bisa terhindar dari virus canine distemper.

Virus Canine Distemper

Mengobati Canine Distemper
Oleh karena penyakit ini sangat berbahaya, maka alangkah baiknya untuk anjing dengan sesegera mungkin harus dibawa ke dokter hewan terdekat. Kalau perlu, bawalah ke rumah sakit yang bisa menanganinya.

Selanjutnya, bila mempunyai anjing yang terserang canine distemper, sebaiknya diisolasi saja karena seperti diketahui bahwa penularan dari penyakit ini bisa ditularkan melalui udara.
Penyakit 3850837028416708886

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Popular Posts

Kategori

Random Posts