Loading...

Penyakit Anjing Rabies dan Cara Mengobatinya

Rabies atau yang juga biasa dikenal sebagai penyakit anjing gila merupakan sebuah infeksi akut yang terjadi pada sistem saraf disebabkan oleh virus rabies. Penyakit ini bisa dibilang cukup menakutkan serta bersifat zoonotik, yaitu penyakit yang bisa menular dari hewan ke manusia.

Penulasan penyakit ini terjadi akibat dari partikel virus yang berada di dalam air liur hewan itu terinveksi virus rabies lalu berhasil masuk ke dalam tubuh manusia atau hewan lainnya. Umumnya tertular karena akibat dari gigitan.

Penyakit Anjing Rabies atau Anjing Gila

Berbahayanya penyakit ini berada di tingkat mematikan karena bisa menyebabkan manusia meninggal dunia. Hampir seluru kasus kematian manusia akibat virus rabies lantaran digigit oleh anjing.

Gejala Penyakit Anjing Rabies

Untuk mendeteksi anjing telah menderita penyakit rabies sebenarnya cukup mudah, berikut gejala yang bisa dilihat:
- Demam
- Nyeri
- Kesemutan
- Hiperaktif

Adapun penyebab dari virus rabies ini ditularkan lewat gigitan atau air liur hewan yang telah terinfeksi penyakit ini. Tidak cuma untuk anjing saja, virus rabies ini juga sangat berbahaya untuk manusia.

Cara Mengobati Penyakit Anjing Rabies

Satu-satunya cara untuk mengobati penyakit anjing rabies yaitu dengan cara melakukan vaksinasi untuk melawan virus tersebut. Untuk pengobatan pertama jika ada manusia yang tergigit anjing terinfeksi rabies, segera lakukan beberapa tindakan berikut ini:
- Bersihkan area luka dengan air bersih
- Berikan antiseptik seperti alkohol atau povidone iodine
- Sesegera mungkin langsung ke Fasilitas Kesehatan terdekat

Penyakit 8043005296586503461

Post a Comment

emo-but-icon

Home item

Popular Posts

Kategori

Random Posts